RSS
Facebook
Twitter

Minggu, 10 Oktober 2010

Pilih Linux Atau Windows?

Ternyata, kebanyakan SEBAGIAN BESAR pengguna komputer tidak tahu kalau software-software di komputernya adalah sebuah produk usaha dan bernilai jual (tidak bisa dijual sih) seperti halnya kaset-kaset lagu. Mereka juga tidak tahu bahwa mereka sebenarnya melanggar HUKUM dan tidak punya HAK menggunakan software-software tersebut. Mereka bisa ditindak PIDANA.

Alasan mengapa kita memilih lunux karena :



FREE

Windows adalah sebuah produk komersial sedangkan Linux adalah gratis. Linux terlindung di bawah lisensi GPL (General Public License). Linux dikembangkan oleh Linus agar bisa dipakai sebagai OS yang bisa ia modifikasi sesukanya selayaknya sebuah program biasa. Linux yang berbentuk kernel ini kemudian disebarkan di Internet dan memperbolehkan orang lain mengembangkan. Akhirnya Linux menjadi gratis. Ditambah lagi hampir semua software yang berjalan di atas Linux, juga bernaung di bawah GPL. Apa itu GPL? GPL adalah lisensi yang memperbolehkan kita mencopy, menyebarluaskan, memodifikasi, kemudian menyebarluaskan, tanpa mengubah attribut pembuat. Lebih lanjut, jelajah internet untuk baca lisensinya yang lengkap. Jadi anda dapat mengcopy linux.

OPEN SOURCE

Windows adalah software sumber tertutup sedangkan Linux adalah software sumber terbuka. Sumber? Maksud di sini adalah source code atau kode-kode asal program atau software. Bagi yang belum tahu, setiap program atau software komputer, dibuat di atas sebuah bahasa pemrograman, yaitu bahasa perantara antara bahasa manusia dan bahasa mesin komputer (biner), kemudian dikompilasi menjadi sebuah program yang bisa dieksekusi. Kalau anda melihat bahasa kode macam ini, pasti otak anda njelimet (kecuali anda programmer, salut). Nah, kode-kode inilah yang dimaksudkan terbuka. Microsoft menutup rapat-rapat source code mereka karena itu merupakan rahasia dagang, milik perusahaan. Tapi siapapun bisa mendapatkan source code Linux.

AMAN

Windows tidak aman sedang Linux itu aman. Aman dari apa? Di dunia internet (khususnya server), keamanan adalah nomor satu. Pemilik server selalu wanti-wanti akan serangan Hacker. Hacker adalah maniak komputer yang pintar. Kebanyakan orang memandang hacker itu buruk padahal tidak begitu, meski banyak hacker menerobos server orang lain. Nah, di sinilah linux mendominasi. Dari seluruh dunia, lebih dari 50% server menggunakan Linux. Karena apa? Aman. Saya tidak bilang server linux tidak bisa ditembus. Tapi setidaknya jauh lebih sulit ditembus dari pada server dengan Windows, tergantung Adminnya, si pengurus server. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa server Windows paling sering menjadi bulan-bulanan para hacker, sebagai pemanasan sebelum menerobos system server varian UNIX/Linux.

Kita tahu bahwa virus komputer yang selama ini mengganggu kita adalah buatan para hacker. Nah, kita juga tahu bahwa Linux adalah Operating System kesukaan para hacker.

MUDAH DAN USER FRIENDLY

Orang beranggapan bahwa dalam mengoperasikan linux itu sangat sulit. Tapi sebenarnya pada zaman sekarang linux sudah berkembang dan sudah mempunyai mode grafis atau graphical user interface. Apa lagi banyaknya pilihan untuk desktop mana yang ingin kita pilih.

Oke sekian dulu, assalamu 'alaikum wr.wb.

sumber : http://aceh.linux.or.id//

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.