RSS
Facebook
Twitter

Jumat, 18 November 2011

Sinar-X Pada Tulang Belakang   

DEFINISI
Tes ini memungkinkan pemeriksaan terhadap seluruh rangkaian tulang belakang atau sebagian. Pada umumnya tes ini digunakan untuk mengevaluasi deformitas, patah tulang, dislokasi dan kelainan lain pada tulang belakang. Sinar-X pada tulang menggambarkan densitas, tekstur, erosi dan perubahan yang terjadi pada sambungan tulang. SinarX pada sendi dapat menampakkan adanya cairan pembentukan taji, dan perubahan pada struktur sendi.

Mengapa pemeriksaan sinar-X pada tulang belakang dilakukan?

Sinar-X pada tulang belakang dilakukan karena beberapa alasan berikut ini :
  1. Untuk mendeteksi patah tulang, dislokasi, subluksasi, dan deformitas.
  2. Untuk mendeteksi kelainan degeneratif, infeksi dan kengenital.
  3. Untuk mendeteksi kelainan pada ruas intravertebra
  4. Untuk menentukan efek arthritis dan kondisi-kondisi lain pada tulang belakang
Apa yang harus Anda ketahui sebelum pemeriksaan sinar-X pada tulang belakang?
  1. Anda akan mempelajari pemeriksaan sinar-X pada tulang belakang, termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan lamanya tes (sekitar 15 sampai 30 menit). Selama tes Anda akan diposisikan dengan berbagai posisi terhadap film sinar-X. Walaupun beberapa posisi akan sedikit tidak nyaman, cobalah untuk tidak bergerak. Jika Anda bergerak maka hasil tes menjadi tidak akurat.
  2. Anda tidak perlu berpuasa sebelum tes.
Apa yang terjadi selama pemeriksaan sinar-X pada tulang belakang?
  1. ntuk smeentara Anda dibaringkan terlentang di meja penyinaran untuk penyinaran dari depan ke belakang.
  2. Anda mungkin akan diubah posisinya pada sisi sampig untuk sinar-X tambahan, tergantung tulang belakang yang akan diperiksa.
Apa yang terjadi setelah pemeriksaan sinar-X pada tulang belakang?

Anda akan menerima obat anti nyeri dan bantalan penghangat untuk menghilangkan rasa nyeri.

Apakah tes ini berisiko?

Sinar-X pada tulang belakang tidak boleng dilakukan pada wanita hamil tiga bulan pertama, kecuali keuntungannya lebih besar dari risiko pemaparan janin terhadapa sinar-X

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Tulang belakang tidak tampak ada patah tulang, dislokasi, pelengkungan, atau kelainan lainnya. Posisi spesifik dan perenggangan tulang belakang dapat bervariasi sesuai umur penderita.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Pembacaan hasil sinar-X menunjukkan adanya penggeseran letak, patah tulang, dislokasi, pemipihan, dan beberapa deformitas seperti kifosis, scoliosis, dan lordosis. Informasi dari tes ini dapat digunakan untuk mengkonfirmasi beberapa kelainan. Kelainan ini meliputi keabnormalan congenital, seperti osteoarthritis dan penyempitan antaruas, tumor spinal jinak atau aganas; rupture ruas tulang dan sindroma ruas cervical; arthritis rheumatoid, spondylitis ankylosing, osteoporosis dan penyakit paget.

Tergantung pada hasil sinar-X diagnosa pasti mungkin memerlkan tes tambahan seperti CAT scan.




Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Tulang Belakang  

DEFINISI
Scanning Tomografi Terkomputerisasi menghasilkan citra tulang belakang yang detail dan beresolusi tinggi. Selama proses scanning berlangsung, penyinaran sinar-X ganda diarahkan pada tulang belakang dari berbagai sudut. Sinar-X melalui tubuh dan ditangkap oleh detector radiasi yang menghasilkan getaran listrik yang dikonversikan oleh sebuah computer menjadi citra tiga dimensi. Citra tersebut ditampikan pada layar monitor.

Mengapa Scanning Tomografi Terkomputerisasi dilakukan?

Scanning Tomografi Terkomputerisasi pada tulang belakang dapat dilakukan dengan alasan sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui visualisasi tulang belakang
  2. Untuk mendiagnosa lesi tulang belakang kerusakan jaringan dan abnormalitas lainnya.
Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum Scanning Tomografi Terkomputerisasi pada tulang belakang?
  1. Jika tidak menggunakan cairan kontras Anda tidak perlu membatasi makanan dan minuman sebelum tes. Tetapi jika digunakan suatu cairan kontras selama tes , maka Anda diminta untuk berpuasa selama 4 jam sebelum tes.
  2. Seorang perawat atau teknisi akan menjelaskan prosedurnya pada Anda tes ini berlangsung 30-60 menit.
  3. Cara ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama mungkin akan menimbulkan sedikit rasa yang kurang nyaman.
  4. Jika digunakan cairan kontras, setelah cairan disuntikkan Anda akan merasa hangat, kemerah-merahan dan mungkin mengalami sakit kepala singkat, rasa asin, dan mual atau ingin muntah. Reaksi tersebut normal.
  5. Anda akan diminta mengenakan baju rumah sakit atau pakaian yang nyaman serta menanggalkan benda-benda logam di tempat yang akan di scan.
  6. Riwayat kesehatan akan diperiksa apakah pernah mengalami reaksi alergi terhadap kerang-kerangan, yodium atau cairan khusus. Jika pernah mengalami Anda akan menerima pengobatan alternative atau tes dilakukan tanpa cairan kontras.
  7. Anda diminta untuk menandatangani pernyataan kesediaan melakukan tes sebelum tes dilaksanakan.
Apa yang terjadi selama tes Scanning Tomografi Terkomputerisasi pada tulang belakang?
  1. Anda diminta untuk berbaring pada meja khusus dalam suatu unit alat scanning dan diminta untuk tenang.
  2. Meja bergerak menuju lubang sirkuler dari unit scannner. Scanner berputar di sekeliling Anda, mengambil gambar pada interval-interval yang dtentukan.
  3. Setelah scanning pertama dilakukan Anda dipindah dari scanner. Cairan kontras disuntikkan.
  4. Anda diperiksa apakah tejadi tanda-tanda, gejala-gejala reaksi hipersensitivitas, seperti gatal-gatal, ruam dan kesulitan pernafasan selama 30 menit setelah cairan disuntikkan.
  5. Setelah cairan disuntikkan Anda dipindah kembali menuju scanner dan dilakukan scanning selanjutnya. Citra yang diperoleh ditampilkan pada monitor video selama proses berlangsung dan direkam pada pita magnetic..
Apa yang terjadi setelah tes Scanning Tomografi Terkomputerisasi pada tulang belakang?
  1. Setelah dilakukan scanning dengan cairan kontras Anda juga dimonitor apakah terjadi efek samping dari penggunaan cairan kontras seperti sakit kepala, mual dan ingin muntah.
  2. Anda dapat melanjutkan kembali pola makan sepeerti biasa.
Apakah tes Scanning Tomografi Terkomputerisasi pada tulang belakang berisiko?
  1. Scanning Tomografi Terkomputerisasi dengan cairan kontras tidak direkomendasikan bagi mereka yang hipersensitif terhadapa yodium, kerang-kerangan atau cairan kontras yang digunakan pada studi radiografi.
  2. Beberapa orang mengalami perasaan klaustrofobia atau mengalami cemas ketika mereka masuk dalam unit Scanning Tomografi Terkomputerisasi. Obat sedative ringan dapat diberikan untuk mengurangi kecemasan.
Apa yang dimaksud dengan hasil normal?

Dalam citra tomografi computer, jaringan tulang belakang tampak putih, hitam atau abu-abu tergantung densitasnya..

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?

Dengan menandai daerah-daerah yang berubah densitasnya dan citra malformasi struktur, sebuah Scanning Tomografi Terkomputerisasi dapat mengungkapkan. Jenis-jenis yang berbeda suatu kerusakan jaringan tulang belakang dan abnormalitasnya.

Khususnya Scanning Tomografi Terkomputerisasi berguna dalam deteksi dan identifikasi tumor. Scanning Tomografi Terkomputerisasi juga dapat mengungkapkan proses degeneratif dan perubahan struktur, seperti kompresi system saraf tulang belakang. Tipe lain kelainan-kelainan ditunjukkan sebagai perubahan jaringan yang tertekan, yang akan berakibat kompresi saraf. Malformasi pembuluh darah, akan menjadi jelas setelah disuntikkan cairan kontras, akan tampak sebagai gumpalan atau massa. Malformasi tulang belakang congenital, seperti spina bifida, ditunjukkan dengan ukurannya yang membesar secara abnormal, serta celah gelap antara ruas tulang belakang.



Pencitraan Resonansi Magnetik Pada Rangka  

DEFINISI
Pencitraan resonansi magnetik adalah teknik diagnostic tanpa adanya benda yang memasuki tubuh, yang menghasilkan citra yang jelas dari tulang dan jaringan lunak. Pencitraan resonansi magnetic pada rangka menghasilkan citra 3 dimensi dari suatu area yang tidak dapat diperoleh dengan mudah dengan menggunakan sinar-X atau Scanning Tomografi Terkomputerisasi. Metode ini mengurangi beberapa risiko yang berhubungan dengan pemaparan sinar-X yang menyebabkan bahaya terhadap sel yang tidak diketahui.

Mengapa tes Pencitraan resonansi magnetic pada rangka dilakukan?

Pencitraan resonansi magnetic pada rangka dapat dilakukan dengan alasan-alasan sebagai berikut:
  1. Untuk memeriksa tulang dan jaringan-jaringan lunak.
  2. Untuk mengevaluasi tumor tulang dan jaringan lunak.
  3. Untuk mengidentifikasi perubahan komposisi sumsum tulang
  4. Untuk mengidentifikasi kelainan-kelainan tulang belakang.
Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum tes Pencitraan resonansi magnetic pada rangka?
  1. Tes Pencitraan resonansi magnetic pada rangka membutuhkan waktu sampai 90 menit. Walaupun Pencitraan resonansi magnetic pada rangka tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak melibatkan paparan radiasi, cairan kontras radioaktif mungkin digunakan tergantung pada jenis jaringan yang diperiksa.
  2. Seorang perawat atau teknisi akan menjelaskan prosedurnya. Anda akan mengetahui bahwa pintu masuk untuk kepala dan badan pernah menjadi masalah Anda, obat sedative ringan mungkin saja membantu Anda.
  3. Sementara dilakukan tes Pencitraan resonansi magnetic pada rangka, Anda akan mendengar alat menghentak, menderu dan mengetuk-ngetuk selama alat tersebut bergerak di tempatnya. Anda dapat berkomunikasi dengan teknisi sepanjang waktu.
  4. Anda diminta untuk menanggalkan seluruh benda-benda logam, termasuk perhiasan, jepit rambut atau jam tangan sebelum tes.
  5. Ceritakan pada teknisi jika Anda mempunyai sandi implantasi, jepit, klip, katup, pompa atau alat pacu jantung yang mengandung logam. Jika Anda menggunakannya Anda tidak dapat menjalani tes ini.
  6. Anda diminta untuk menandatangani kesediaan menjalankan tes Pencitraan resonansi magnetic pada rangka sebelum tes.
Apa yang terjadi sebelum tes?
  1. Pada pintu ruangan Anda diperiksa untuk terakhir kali apakah terdapat benda-benda logam.
  2. Anda ditempatkan di atas tempat tidur yang sempit yang bergerak menuju tempat scanner. Kipas angin secara terus menerus menggerakan udara di dalam tempat scanner dan ada sebuah bel untuk memanggil atau intercom digunakan alat komunikasi verbal
  3. Anda diharuskan tetap tenang selama prosedur dilakukan.
Apa yang terjadi setelah tes Pencitraan resonansi magnetic pada rangka?
  1. Jika tes Pencitraan resonansi magnetic pada rangka dilakukan untuk jangka waktu yang lama, Anda akan merasakan sakit kepala ringan atau pingsan ketika bangun atau berdiri.
  2. Anda dapat melanjutkan kembali ke aktivitas-aktivitas normal setelah tes.
Apakah tes Pencitraan resonansi magnetic pada rangka berisiko?
  1. Pencitraan resonansi magnetic pada rangka tidak dapat dilakukan pada orang yang menggunakan alat pacu jantung, klip aneurisma intracranial,atau alat-alat implantasi yang terbuat dari besi atau logam. Ventilator, pompa infuse intravena dan alat-alat penunjang computer harus dijauhkan dari daerah Pencitraan resonansi magnetic pada rangka.
  2. Jika diperlukan, kadar oksigen darah, detak jantung dan status pernafasan dimonitor selama tes. Seorang ahli anastesi depat memonitor orang yang sedasi berat.
Apa yang dimaksud dengan hasil normal?

Hasil Pencitraan resonansi magnetic pada rangka tidak menunjukkan adanya kelainan pada tulang, otot dan sendi.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?

Pencitraan resonansi magnetic pada rangka sangat sempurna memberikan citra penyakit-penyakit tulang belakang dan saraf tulang belakang. Serta bagi identifikasi tumor tulang. Hal ini membantu menggambarkan otot-otot, ligament dan tulang. Gambar-gambar tersebut menggambarkan dengan jelas kondisi, jinak dan ganasnya suatu kanker.



Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Rangka

  DEFINISI
Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka memberikan serangkaian citra sinar-X dari tulang-tulang rangka. Sebuah computer mengkonstruksi citra ini menjadi citra yang terpisah-pisah yang ditampilkan pada layar monitor.

Teknik khusus, seperti yang menggunakan cairan yang disebut cairan kontras, meningkatkan resolusi dan akurasi citra. 1000 dari 2000 citra dapat dikombinasikan untuk menciptakan citra 3 dimensi dari tulang.

Mengapa tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka dilakukan?

Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka dapat dilakukan dengan alasan-alasan sebagai berikut:
  1. Untuk memungkinkan dokter mengamati tulang-tulang dan persendian.
  2. Untuk memeriksa tumor tulang, penyebaran kanker melalui rangka dan tumor jaringan lunak.
  3. Untuk mendiagnosa abnormalitas sendi yang sulit dideteksi dengan metoda lain.
Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum pemeriksaan?
  1. Jika cairan kontras tidak digunakan, Anda tidak perlu membatasi makanan dan minuman sebelum tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka. Jika digunakan cairan kontras Anda diminta untuk puasa selama 4 jam sebelum tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka.
  2. Tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka membutuhkan waktu 30-60 menit dan tidak menimbulkan rasa sakit.
  3. Seorang perawat atau teknisi akan menjelaskan prosedurnya pada Anda. Anda diminta untuk berbaring setenang mungkin selama tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka karena pergerakan akan menyebabkan pengaburan citra.
  4. Jika digunakan cairan kontras, Anda akan merasa hangat, kemerah-merahan dan mungkin akan mengalami sakit kepala singkat, rasa asin di mulut, mual atau ingin muntah setelah cairan kontras disuntikkan. Reaksi tersebut normal.
  5. Anda diminta untuk mengenakan baju rumah sakit dan menanggalkan barang-barang yang mengandung logam serta perhiasan-perhiasan yang mungkin akan muncul pada daerah sinar-X.
  6. Anda akan diminta untuk menandatangani pernyataan kesediaan menjalankan tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka sebelum menjalani tes.
  7. Histori pengobatan anda akan diperiksa apakah pernah terjadi reaksi terhadap yodium, kerang-kerangan atau cairan kontras pada tes medis lain. Jika Anda pernah mengalami reaksi-reaksi tersebut dokter akan memberikan obat-obat tertentu sebelum tes atau dipilih untuk tidak menggunakan cairan kontras.
  8. Jika Anda merasa cemas atau khawatir tentang prosedur yang akan dijalani, obat sedative ringan akan diberikan.
Apa yang terjadi selama tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka?
  1. Anda ditempatkan di atas meja sinar-X dan diminta untuk tenang.
  2. Meja akan bergerak menuju pintu sirkuler pada scanner. Computer pengontrol pada scanner berputar mengelilingi Anda dan melakukan scanning berkali-kali.
  3. Setelah scanning yang pertama dilakukan Anda akan dipindahkan dari scanner, kemudian cairan kontras akan diberikan bila diperlukan.
  4. Anda diamati apakah terjadi tanda-tanda dan gejala-gejala reaksi pernafasan, selama 30 menit setelah cairan kontras disuntikkan.
  5. Setelah cairan kontras disuntikkan, Anda akan dipindahkan kembali ke dalam alat scanner dan serangkaian scanning dilakukan. Citra yang dihasilkan dari proses scanning ditampilkan dalam monitor video dan disimpan dalam pita magnetic untuk membuat rekaman permanent untuk penelitian lebih lanjut.
Apa yang terjadi setelah tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka?
  1. Jika digunakan cairan kontras Anda akan diamati untuk kemungkinan adanya reaksi alergi yang tertunda dan diberikan perawatan yang tepat bila diperlukan.
  2. Anda diminta untuk minum sebanyak-banyaknya untuk membantu pengeluaran cairan dari system tubuh Anda.
  3. Anda dapat melanjutkan kembali aktivitas sehari-hari dan kembali pada pola makan semula.
Apakah tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka berisiko?
  1. Orang-orang yang alergi terhadap yodium, kerang-kerangan atau cairan kontras tidak seharusnya menjalani Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka dengan cairan kontras,.
  2. Beberapa orang mungkin mengalami klaustrofobia atau kecemasan ketika memasuki alat scanner. Bagi mereka mungkin akan diberikan sedative ringan untuk membantu mengurangi kecemasan.
  3. Bagi orang-orang dengan nyeri tulang atau sendi, obat penahan rasa sakit diberikan sehingga dapat tetap tenang selama berlangsung scanning.
Apa yang dimaksud dengan hasil normal?

Hasil scanning menunjukkan tidak terdapat masalah pada tulang dan persendian.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?

Karena dapat ditampilkan citra potongan melintang tubuh, Scanning tomografi terkomputerisasi pada rangka berguna untuk memeriksa tulang bahu, pelvis, tulang belakang dan tulang pinggul. Hasil scanning dapat mengungkapkan beberapa tumor tulang dan tumor jarring lunak sebagaimana dapat juga diamati kanker yang telah menyebar dari satu bagian ke bagian yang lain. Dapat juga mengungkapkan kelainan-kelainan sendi yang sulit untuk dideteksi tes lain.



Scanning Tomografi Terkomputerisasi Pada Dada
  DEFINISI
Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada menghasilkan citra dengan potongan melintang dada dengan cara melewatkan pancaran sinar-X dari suatu alat scanning yang terkomputerisasi pada seluruh tubuh dengan sudut-sudut yang berbeda. Nama lainnya adalah Tomografi Thorax Terkomputerisasi.

Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada dapat dilakukan dengan atau tanpa injeksi cairan kontras. Cairan kontras adalah cairan khusus yang menandai pembuluh darah dan mengahasilkan citra yang lebih jelas.

Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada menghasilkan citra tiga dimensi dan khususnya berguna dalam deteksi perubahan kecil densitas pada jaringan. Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada juga memberikan informasi dalam diagnosa massa di dada dan penyakit Hodgkin. Juga bermanfaat bagi evaluasi kelainan-kelainan paru-paru.

Mengapa tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada dilakukan ?

Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada dapat dilakukan dengan alasan-alasan sebagai berikut :
  1. Untuk mendapatkan sedikit perubahan densitas jaringan.
  2. Untuk menentukan dugaan adanya tumor, seperti penyakit Hodgkin.
  3. Untuk membedakan tumor dengan perubahan jaringan lunak lainnya, seperti perubahan yang mengindikasikan tuberculosis.
  4. Untuk membedakan tumor dekat aorta dengan aneurisma aorta.
  5. Untuk mendetekasi pergerakan massa di leher menuju dada.
  6. Untuk mengevaluasi nodus limfa di daerah dada.
Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada?
  1. Jika cairan kontras tidak digunakan, Anda tidak perlu membatasi makanan dan minuman sebelum tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada. Jika digunakan cairan kontras Anda diminta untuk puasa selama 4 jam sebelum tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada.
  2. Tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada membutuhkan waktu 90 menit dan tidak menimbulkan rasa sakit.
  3. Seorang perawat atau teknisi akan menjelaskan prosedurnya pada Anda. Anda diminta untuk berbaring setenang mungkin selama tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada karena pergerakan akan menyebabkan pengaburan citra.
  4. Jika digunakan cairan kontras disuntikkan ke vena di lengan bawah Anda, Anda akan merasa hangat, kemerah-merahan dan mungkin akan mengalami sakit kepala singkat, rasa asin di mulut, mual atau ingin muntah setelah cairan kontras disuntikkan. Reaksi tersebut normal.
  5. Anda diminta untuk mengenakan baju rumah sakit dan menanggalkan barang-barang yang mengandung logam serta perhiasan-perhiasan yang mungkin akan muncul pada daerah sinar-X.
  6. Anda akan diminta untuk menandatangani pernyataan kesediaan menjalankan tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada sebelum menjalani tes.
  7. Histori pengobatan anda akan diperiksa apakah pernah terjadi reaksi terhadap yodium, kerang-kerangan atau cairan kontras pada tes medis lain. Jika Anda pernah mengalami reaksi-reaksi tersebut dokter akan memberikan obat-obat tertentu sebelum tes atau dipilih untuk tidak menggunakan cairan kontras.
  8. Jika Anda merasa cemas atau khawatir tentang prosedur yang akan dijalani, obat sedative ringan akan diberikan.
Apa yang terjadi selama tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada?
  1. Anda ditempatkan di atas meja sinar-X dan diminta untuk tenang.
  2. Meja akan bergerak menuju pintu sirkuler pada scanner. Computer pengontrol pada scanner berputar mengelilingi Anda dan melakukan scanning berkali-kali.
  3. Setelah scanning yang pertama dilakukan Anda akan dipindahkan dari scanner, kemudian cairan kontras akan diberikan bila diperlukan.
  4. Anda diamati apakah terjadi tanda-tanda dan gejala-gejala reaksi pernafasan, selama 30 menit setelah cairan kontras disuntikkan.
  5. Setelah cairan kontras disuntikkan, Anda akan dipindahkan kembali ke dalam alat scanner dan serangkaian scanning dilakukan. Citra yang dihasilkan dari proses scanning ditampilkan dalam monitor video dan disimpan dalam pita magnetic untuk membuat rekaman permanent untuk penelitian lebih lanjut.
Apa yang terjadi setelah tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada?
  1. Jika digunakan cairan kontras Anda akan diamati untuk kemungkinan adanya reaksi alergi yang tertunda dan diberikan perawatan yang tepat bila diperlukan.
  2. Anda diminta untuk minum sebanyak-banyaknya untuk membantu pengeluaran cairan dari system tubuh Anda.
  3. Anda dapat melanjutkan kembali aktivitas sehari-hari dan kembali pada pola makan semula.
Apakah tes Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada berisiko?

Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada tidak direkomendasikan untuk wanita hamil atau jika digunakan cairan juga tidak direkomendasikan pada orang yang alergi terhadap yodium, kerang-kerangan atau cairan yang digunakan pada tes sinar-X

Apa yang dimaksud dengan hasil normal?

Daerah hitam dan putih pada hasil Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada membantu ahli radiology untuk membedakan densitas udara dan tulang. Bayangan abu-abu berkaitan dengan densitas air, lemak dan jaringan lunak.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?

Scanning tomografi terkomputerisasi pada dada mengungkapkan tumor, nodul, kista, aneurisma aorta, pembesaran nodus limfa, efusi pleural dan akumulasi darah, cairan atau lemak.



Scanning Tulang  

 DEFINISI
Scanning tulang digunakan untuk memeriksa rangka dan membantu dokter mendeteksi kanker dan masalah lain jauh sebelum deteksi sinar-X memungkinkan. Dalam prosedur Scanning tulang dokter menyuntikkan larutan radiaktif ringan pada vena lengan Anda. Larutan terakumulasi dalam jaringan tulang dimana terdapat abnormalitas. Kamera khusus menyorot seluruh tubuh skema tes dan dapat menentukan tempat-tempat yang abnormal, yang disebut “hot spot”.

Mengapa tes Scanning tulang dilakukan?

Scanning tulang dapat dilakukan dengan alasan-alasan sebagai berikut:
  1. Untuk mendeteksi atau menjaga kemungkinan adanya tumor tulang ketika hasil sinar-X normal, tetapi dikonfirmasikan adanya kanker.
  2. Untuk mendeteksi fraktur tulang yang sulit ditemukan
  3. Untuk memonitor kelainan-kelainan tulang degeneratif.
  4. Untuk mendeteksi infeksi tulang.
  5. Untuk mengevaluasi nyeri tulang yang belum dapat dijelaskan pernyebabnya.
Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum tes Scanning tulang?
  1. Anda akan mempelajari, siapa yang akan menjalankan tes dan dimana. Selama tes Anda diminta berganti-ganti posisi di atas meja scanner. Anda harus tetap tenang selama tes.
  2. Anda akan diberi penjelasan tentang proses tersebut, yang akan berlangsung sekitar 1 jam, tes Scanning tulang tidak menyebabkan rasa sakit dan larutan radioaktif mengemisikan lebih sedikit radioaktif daripada sinar-X yang lain.
  3. Perawat akan meminta Anda untuk buang air kecil sebelum dilakukan tes dan akan diberi obat penahan rasa sakit.
  4. Anda diminta untuk menandatangani pernyataan kesediaan untuk menjalani tes Scanning tulang. Bacalah baik-baik dan tanyakan bila terdapat bagian yang kurang jelas.
Apa yang terjadi selama tes Scanning tulang?
  1. Dokter menyuntikkan larutan ke dalam vena di lengan Anda. Selama 1-3 jam selanjutnya, Anda diminta untuk minum 4-6 gelas (sekitar 2 liter) air atau teh.
  2. Setelah itu, anda diminta berbaring di atas meja scanner. Scanner bergerak ke depan dan ke belakang di atas tubuh Anda. Alat tersebut mendeteksi kadar rendah radiasi yang diemisikan oleh rangka dan diterjemahkan ke dalam film atau kertas, atau keduanya.
  3. Scanner mengambil citra yang sesuai dengan kebutuhan untuk suatu area.
  4. Anda dapat mengubah posisi beberapa kali selama tes untuk mendapatkan citra yang terbaik.
Apa yang terjadi selama tes?

Anda mungkin aka mengalami pembengkakan dan pucat pada tempat bekas suntikan.
Apakah tes Scanning tulang berisiko?

Sebaiknya tes Scanning tulang tidak dilakukan pada masa kehamilan dan menyusui.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Larutan akan terkonsentrasi pada jaringan tulang, terletak di daerah pembentukan tulang baru.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Walaupun Scanning tulang menunjukkan “hot spot” yang mengidentifikasikan letak formasi tulang, hal tersebut tidak membedakan formasi tulang yang normal dan yang abnormal. Tetapi hasil scaning dapat mengidentifikasi semua jenis kanker tulang, infeksi, fraktur, dan kelainan-kelainan lain yang diperolah pada riwayat kesehatan dan ditemukan pada operasi,atau hasil sinar-X dan tes kesehatan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.