RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 19 November 2011

Reaktor Nuklir di Dasar Laut Dipelajari

Pemakaian tenaga nuklir sebagai sumber energi selalu mengandung kontroversi. Tapi, meski begitu, beberapa negara setuju akan penggunaan tenaga nuklir sebagai pengganti minyak bumi yang suatu saat bakal habis. Beberapa ilmuwan sedang mempelajari kemungkinan menempatkan reaktor nuklir di dasar laut. Reaktor tersebut berukuran kecil, namun mampu menghasilkan listrik minimal 50 megawatt, cukup untuk menerangi 37 ribu rumah.

Reaktor nuklir tersebut sedang dikembangkan oleh perusahaan Angkatan Laut Prancis, DCNS, yang menamakan produk mereka Flexblue. Setelah dilakukan studi selama dua tahun, disimpulkan bahwa Flexblue mampu menghasilkan 50-250 megawatt listrik dari dasar laut.

Flexblue didesain khusus untuk negara yang memiliki pantai. Sebab, sulit untuk membangun reaktor nuklir yang dirancang untuk berada di dasar laut untuk dipakai di daratan. Bentuk Flexblue mirip kapal selam besar. Tapi, jika dibandingkan dengan reaktor nuklir yang ada di daratan, ukuran Flexblue relatif kecil, yakni panjang 90 meter dan lebar 15 meter. Sedangkan kedalaman memungkinkan sekitar 55-100 meter.


Sumber : http://www.fisika-ceria.com

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.