RSS
Facebook
Twitter

Senin, 16 Mei 2011


Tahukah Anda, awalnya BlackBerry dinamakan Pocket Link, sebuah nama untuk menekankan fungsi, dan kemudian sempat dinamakan Strawberry, karena bentuk fisik produknya yang mirip strawberry.  Ya, nama BlackBerry, yang didirikan seorang imigran Yunani kelahiran Turki, Mike Lazaridis, kini telah menjadi salah satu ikon selular paling sukses mengalahkan perusahaan telekomunikasi besar yang lebih dulu eksis seperti Nokia, Samsung, atau Motorolla.  Apakah keberhasilan ini karena dukungan sebuah nama?  100% tentunya tidak sama sekali.  Nama hanya sebuah nama,  dan William Shakespeare menilai nama tanpa harga dan makna.
Nama bisa menjadi sangat penting dan mampu menguras jutaan dolar dan proses berpikir hanya untuk menemukan satu nama yang mewakili eksistensi suatu produk.  Saat telah menjadi perusahaan besar, banyak orang kemudian menjadi ingin lebih tahu, asal-muasal makna nama yang diciptakan, seperti yang terjadi di dunia IT dibawah ini:

1. Java
Awalnya diberi nama OAK, similiar dengan Object Application Kernel, diambil dari nama pohon oak yang tumbuh tak jauh dari rumah pendiri java, James Gosling.  Berhubung nama oak sudah dilegitimasi lebih dahulu oleh perusahaan lain, dipilih nama “Java”, yang diambil dari nama kopi biji murni kesukaan Gosling.
2.  Apple Computers
Ini adalah buah favorit dari pembuat perusahaan Apple, Steve Jobs.
3. CISCO
Singkat saja, ini adalah kependekan dari nama kota San Fransisco.
4. COMPAQ
Nama ini merupakan untaian dari tiga kata COMP (komputer) dan PAQ (untuk menunjukkan objek integral kecil).
5. COREL
Nama ini berasal dari nama pendirinya, Dr.Michael Cowpland.  Ini adalah singkatan dari COwpland Research Laboratory.
6. Google
Nama ini yang paling lucu saat proses awal terjadinya.  Tadinya 2 pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin memberi nama googol(awalnya digunakan Milton Sirotta untuk penyebutan angka 1 yang memiliki 100 angka nol dibelakangnya) untuk menjelaskan misi mereka berdua untuk mengorganisir sedemikian banyaknya informasi yang dapat ditampung di Internet. Setelah mempresentasikan proyek mereka, seorang investor yang tertarik, salah menulis cek senilai 100 ribu dolar untuk mereka dengan nama Google.
7. Hotmail
Pendiri hotmail kehabisan ide untuk memberi nama perusaan mail web yang akan dibuatnya, hingga ia menemukan kecocokkan kata “mail” ditambah hot yang memiliki kemiripan dengan “html”.  Pada awalnya disebut Hotmail dengan huruf besar diawalnya.
8. HEWLETT PACKARD
Gabungan dua nama pendirinya, Bill Hewlett dan Dave Packard.
9. INTEL
Boy Noyce dan Gordon Mooreawalnya ingin memberi nama perusahaan mereka dengan nama ‘Moore Noyce’ namun ternyata telah dimiliki sebuah jaringan hotel sehingga mereka harus puas dengan sebutan dari akronim dari INTegrated ELectronics.
10.LOTUS
Mitch Kapoor mendapatkan ide dari posisi Yoga Padmasana atau ‘The Lotus Position’.
11. Microsoft
Diciptakan oleh Bill Gates untuk mewakili perusahaan yang awalnya berasal dari kata MICROcomputer SOFTware.
12.MOTOROLLA
Pendirinya, Paul Galvin awalnya mendirikan perusahaan yang memproduksi radio untuk mobil, dimana salah satu perushaan radio yang sangat populer waktu itu adalah Victrola.
13.SONY
Ini berasal dari kata dari bahasa latin ’sonus’ yang berarti suara, dan ’sonny’sebuah bahasa slang yang digunakan orang Amerika untuk merujuk pada anak yang cerdas.
14.SUN
Didirikan oleh 4 mahasiswa Standford University, SUN adalah singkatan dari Stanford University Network.  Andreas Bechtolsheim membangun sebuah microcomputer, Vinod Khosla yang merekrutnya bersama Scott McNealy membuat komputer sebagai basisnya, dan Bill Joy mengembangkan OS UNIX sebagai sistemnya.
15.YAHOO!
Nama Yahoo adalah akronim dari “Yet Another Hierarchichal Officious Oracle”, tapi pendirinya David Filo dan Jerry Yang, lebih menyukai definisi umum dari kata yahoo: rude,unsophisticated,uncouth yang mewakili tindakan yang kasar dan tidak canggung.
16.ADOBE
Ini berasal dari nama sungai Adobe Creek yang mengalir dibelakang rumah pendirinya John Warnock.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.